logo

Terkena demam salah satu hal yang tidak mengenakan. Selain dapat menganggu aktivitas, demam juga membuat susah tidur. Hal tersebut sangat membuat tidak nyaman. Nah, kamu bisa melakukan beberapa hal yang membuat dirimu lebih nyaman. Berikut beberapa tips untuk mengatasi demam sendiri.


1. Kenakan Kain Tipis

    Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat demam dapat membantu tubuh kamu rileks dan meningkatkan sirkulasi udara sehingga membantu kamu tetap sejuk. Singkirkan pakaian atau selimut berlebih yang dapat memerangkap panas dan membuat demam berlangsung lebih lama.


2. Turunkan Suhu Ruangan

    Suhu tinggi dapat membuat demam berlangsung lebih lama dan menyebabkan keringat berlebih yang dapat menyebabkan dehidrasi. Kamu dapat mengatur  suhu ruangan idealnya 23-25 °C. Jika ruangan panas atau pengap dapat dibantu dengan kipas angin atau AC.


3. Banyak Istirahat

    Istirahat yang cukup membantu tubuh kamu pulih lebih cepat, hindari terlalu banyak bergerak. Luangkan waktu untuk mendapatkan lebih banyak waktu tidur daripada yang biasanya jika memungkinkan. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan, meningkatkan produksi hormon stres, meningkatkan risiko penyakit kronis, dan menurunkan harapan hidup.


4. Minum Obat Penurun Demam

    Jika demam sangat tinggi atau menyebabkan ketidaknyamanan yang parah, kamu dapat minum obat penurun demam, ibuprofen misalnya. Minumlah obat yang dijual bebas sesuai dengan label yang disarankan untuk membantu menurunkan demam.

    Periksa dosisnya dengan hati-hati. Ambil dosis sekecil mungkin untuk meredakan demam kamu. Anak-anak di bawah 18 tahun tidak boleh mengonsumsi aspirin kecuali secara khusus direkomendasikan oleh dokter. Hal ini terkait dengan perkembangan sindrom Reye, penyakit yang menyebabkan pembengkakan otak dan hati.


5. Kompres Tubuh Dengan Air Hangat

    Celupkan handuk kecil ke dalam air hangat dan letaakkan di dahi, kaki, dan ketiak kamu. Ini membantu tubuhmu tetap sejuk dan membuat kamu lebih nyaman. Menggunakan air dingin, kompres es, atau mandi air dingin dapat menyebabkan menggigil, yang dapat meningkatkan suhu inti tubuh, sehingga demam bertahan lebih lama. Jangan mengoleskan handuk hangat pada luka atau kulit yang meradang, karena dapat menyebabkan pendarahan dan peradangan lebih lanjut.


6. Jaga Hidung Tetap Bersih

    Jika demam kamu disebabkan oleh pilek atau flu, penting untuk menjaga hidung tetap bersih agar bisa bernapas dengan nyaman. Jangan membuang ingus terlalu keras, karena tekanan tersebut bisa membuat telinga kamu sakit selain flu. Pastikan untuk meniup dengan lembut dan sesering yang diperlukan.

    Para ahli menganjurkan agar kamu meniup dengan memegang jari pada salah satu lubang hidung dan dengan lembut meniup lubang hidung lainnya ke dalam tisu. Jika anak atau bayi pilek, bantu mereka mengeluarkan ingus dengan benar. Cuci tangan Anda setiap kali Anda mengeluarkan ingus untuk menghindari kemungkinan infeksi lain oleh bakteri atau virus.